Langsung ke konten utama

gajah

gajah ?
kenapa gajah yang gue tulis selain anak ayam di blog gue ?
kenapa ga hewan lain gitu, kucing kek apakek..
yang jelas udah dalam sepekan terakhir ini fokus gue teralihin ke hewan besar nan lucu itu.
bukan karena prestasi mereka, ataupun karena kelebihan mereka.

tapi karena kematian mereka yang semakin hari, semakin banyak ditemuin di daerah indonesia bagian barat.
kasihan kan ? :'(

namanya raju umurnya baru satu bulan

papa genk :'( kasiaaaan
iya, dua gambar diatas nyata adanya. kejadian yang baru aja terjadi..
yang diatas bayi gajah, dia emang dalam perawatan pemerintah sejak bulan mei gitu, ditemuin masih dalam keadaan terlilit tali pusar.. dan sekarang udah ga ada :'')

yang kedua?
iya, dia mati buat diambil gadingnya sama MANUSIA.
tega banget kan? pake banget.

makanya, semenjak itu gue jadi rajin ngamatin dunia per-gajahan :D
sekarang sih, interst gue ke sana soalnya.. jauh bet yak? bodo amat deh..

gue sekarang mau share tentang beberapa fakta mengenai gajah :'')

yang pertama sumbernya dari kaskus :

Gajah adalah binatang darat terbesar di bumi. Tubuh raksasa mereka berukuran hampir sebesar rumah bertingkat satu. Bobot seekor gajah menyamai berat sekitar 50 orang. Umur gajah biasanya mencapai 70 tahun. Umumnya, gajah hidup berkelompok dengan jumlah anggota 30 ekor. Seekor gajah betina mengawasi kawanannya, dan yang lain bekerja sama melaksanakan perintah sang pemimpin. Dalam kawanan ini senantiasa terdapat disiplin ketat dan jenjang kepemimpinan.

1. Kebutuhan makan gajah

Seekor gajah menghabiskan 225 kg makanan per hari. Berarti, sekawanan gajah beranggotakan 30 ekor menghabiskan sekitar 7000 kg makanan per harinya. Bagi hewan sebesar ini, hidup di bawah sengatan terik matahari adalah ancaman serius. Untuk menghindari rasa haus, mereka harus mencari sumber air setiap hari. Untuk itu, mereka sanggup berjalan sejauh 50 km tanpa isitirahat, berkelana selama 3 hari tanpa air. Demikian, tubuh mereka telah diciptakan dengan sangat sempurna dan dengan mempertimbangkan berbagai perhitungan yang sangat cermat agar mereka dapat bertahan dalam lingkungan mereka


2. Belalai

Gajah memiliki bobot 5 ton lebih. Meski sangat berat, mereka berjalan dengan ringan dan nyaman. Semua ini terjadi karena adanya suatu rancangan khusus pada tubuh gajah. Andai saja ukuran mereka sedikit lebih besar, maka kaki mereka takkan mampu menopangnya. Tapi gajah memiliki kaki yang sungguh merupakan keajaiban perancangan. Sehingga, walau tubuh gajah sangat berat, mereka berjalan dengan amat ringan.

Bantalan tebal berupa jaringan kenyal, yang tumbuh sebagai lapisan pada bagian bawah setiap telapak kaki gajah, menyerap guncangan berat badannya. Lapisan bantalan ini menyebarkan efek tekanan yang dikenakan gajah ke permukaan tanah. Itu memungkinkannya mengangkat kaki dengan mudah. Berkat bantalan ini, gajah mampu berjalan menempuh jarak yang jauh meskipun tubuhnya amat berat. Menurut hukum fisika, seorang wanita bersepatu hak tinggi akan memberikan tekanan lebih besar pada permukaan tanah daripada satu kaki gajah.

Teori evolusi menyatakan bahwa makhluk hidup berevolusi hingga menjadi bentuknya yang sempurna sebagaimana sekarang. Jika teori ini benar, maka gajah yang tidak memiliki jaringan kenyal ini pada kakinya takkan mampu berjalan sejak hari pertama mereka muncul ke dunia, dan karenanya akan mati kelaparan dan kehausan.

Ini tidak terjadi, sebab sejak awal gajah telah dicptakan dalam bentuknya yang memang telah lengkap dan sempurna, tanpa kekurangan sedikit pun.

3. Sistem komunikasi gajah

Para ilmuwan telah lama meneliti sistem komunikasi gajah. Penelitian menunjukkan, mereka berkomunikasi dengan menggunakan suara infrasonik yang tak terdengar oleh telinga manusia. Suara infrasonik memungkinkan gajah berbicara menggunakan bahasa khusus dengan gajah lain yang terpisah sejauh 4 km. Selain itu, para ilmuwan telah menemukan 30 jenis panggilan gajah yang berbeda.

Sinyal infrasonik terbentuk saat benda bermassa besar bergerak sebagaimana pada meletusnya gunung berapi. Ini serupa dengan suara yang hanya dapat dirasakan. Suara infrasonik sangatlah kuat, tapi termasuk gelombang berfrekuensi rendah. Manusia dapat mendengarnya hanya dengan bantuan alat perekam khusus. Awalnya, binatang yang diyakini mampu menghasilkan suara jenis ini hanyalah ikan paus, makhluk laut terbesar. Namun kini kita tahu, gajah juga menggunakan cara yang sama untuk berkomunikasi sesama mereka.

Menurut para ilmuwan, dalam cuaca yang baik, gajah mampu mendengar panggilan yang berjarak 10 km dengan gelombang infrasonik. Kemampuan mengagumkan ini mengungkapkan pada kita akan adanya jaringan komunikasi yang menjangkau kawasan sangat luas. Perangkat komunikasi khusus ini merupakan keahlian menakjubkan yang diciptakan Allah untuk gajah.

Keunggulan utama gelombang infrasonik terletak pada daya rambatannya. Suara berfrekuensi tinggi dengan gelombang pendek akan kehilangan kekuatannya dalam waktu singkat. Namun, suara infrasonik memiliki gelombang sangat panjang sehingga perlu waktu lama untuk melemah. Karenanya, gajah mampu mengatur pergerakan kawanannya yang terpencar sejauh beberapa kilometer.

Dalam keadaan bahaya, gajah memiliki cara unik lain untuk berkomunikasi. Misalnya, saat bertemu badak mereka menghentakkan kaki dengan keras ke permukaan tanah sehingga menghasilkan getaran yang memperingatkan anggota kawanan yang lain. Dengan cara ini, mereka dapat melakukan pencegahan untuk menyelamatkan para anggotanya sebelum bahaya tersebut terjadi.




sumber yang kedua adalah bali adventours



  • Berat dari seekor bayi gajah yang baru saja lahir adalah antara 75 - 115 kg, dengan tinggi bahu 'hanya' 100 cm.
  • Ketika dewasa, berat seekor gajah adalah antara 3000 - 5000 kg, dengan tinggi mencapai 2.5 m. Mungkin karena ini pula lah seekor gajah tidak mampu untuk melompat. 
  • Meskipun demikian, seekor gajah dapat berlari dengan kecepatan mencapai 20 mil per jam.
  • Untuk ukuran hewan raksasa, ternyata seekor gajah hanya membutuhkan waktu 4 jam untuk tidur setiap malamnya.
  • Gajah memiliki jantung yang besar, dengan berat berkisar antara 12 hingga 21 kg dan berdetak hanya sekitar 35 kali per menit.
  • Gajah memiliki nafsu makan yang luar biasa, dua pertiga aktifitasnya dalam sehari adalah makan.
  • Seekor gajah dapat memakan sekitar 250 kg tumbuh-tumbuhan dan minum hingga 83 liter air setiap harinya.
  • Dalam satu tahun, seekor gajah dapat menghabiskan sekitar 15,500 galon air dan memakan: 1,600 buah jagung; 2,000 buah kentang; 3,000 buah kubis, apel dan wortel; 100,000 pon daun kelapa; 1,500 pon daun pisang; 12,000 pon rumput.
  • Seekor gajah memiliki bulu mata yang panjang dan kelopak mata dengan banyak lipatan, hal inilah yang mengganggu penglihatannya. Gajah tidak mampu 'menoleh' terlalu banyak, karena itulah 'pandangan' mereka terhadap alam sekitarnya sangat terbatas.
  • Seekor gajah buta warna, dan tidak dapat memfokuskan pandangan dengan sempurna. Namun, hal inilah ternyata yang membuat para penghuni Elephant Safari Park mahir melukis.
  • Penglihatan gajah lebih menyerupai siluet dan warna dominan hijau kebiru-biruan yang memudar.
  • Indra penglihatan mereka tidaklah cacat, dan 60% kerja otaknya dipergunakan untuk indra penciuman.
  • Secara menakjubkan, belalai gajah dikendalikan oleh 50,000 otot! Anggota tubuh yang paling besar sekaligus banyak gunanya.
  • Konon katanya, gajah pada mulanya adalah makhluk yang hidup di laut dalam, dan menggunakan 'hidung' serba-gunanya sebagai snorkel.
  • Belalai seekor gajah adalah alat penyedot alami yang paling kuat, dengan bulu-bulu yang terhubung langsung ke setiap syarafnya.
  • Gajah menggunakan belalai mereka untuk berjabat tangan dengan teman. Gajah juga dikenal sebagai salah satu hewan yang sangat suka bersentuhan dan bergaul.
  • Belalai seekor gajah ternyata memiliki fungsi lebih banyak daripada tangan manusia!
  • Belalai seekor gajah hampir tidak pernah diam: selalu bergerak ke segala arah; memanjang; dan memendek.
  • Dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk seekor gajah hingga ia lihai dalam menggunakan belalainya.
  • Ketika seekor gajah menaikkan belalainya, ini merupakan pertanda bahwa ia sedang berada dalam keadaan siaga dan waspada.
  • Gading gajah ternyata berfungsi sebagai gigi seri atau gigi untuk mengiris.
  • Lipatan di kaki gajah ternyata memiliki ciri-ciri unik tersendiri, seperti halnya dengan sidik jari manusia.
  • Seekor gajah dapat melipat kakinya, seperti halnya seorang manusia ketika bersantai.
  • Besar otak seekor gajah kira-kira tiga kali ukuran otak manusia. Lobus tempora seekor gajah berukuran besar dan cukup canggih. Seekor gajah juga memiliki ingatan yang kuat.
  • Gajah berkomunikasi melalui suara infrasonik berfrekuensi rendah, dengan 30 bunyi-bunyian yang beragam untuk 'mengobrol' dengan sesamanya. Bunyi-bunyian infrasonik tersebut terlalu rendah untuk dibedakan oleh telinga manusia.












mereka lucu kan ? iya kan? udah gitu mereka jinak lagi, asalkan kita ga nganggu mereka.
:'')
seandainya bisa melihara hewan selucu itu di rumaah. aaaah :))

udahan dulu ya, baru segitu yang bisa gue bagi bagi tentang gajah, ntar kalo nemu fakta baru lagi gue share lagi deeh :D 


Salam, nces yang beranjak ke kasur. :D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Event : JUMPA CALON PEMIMPIN JAKARTA 2017

Yeaaay, Event pertama kelar. Dan lanjut ke event selanjutnya. Yah, karena saya bekerja di stasiun televisi lokal yang lebih banyak acara yang bersifat news, event ini tidak jauh - jauh dari event politik,eh tapi enggak ada politik-politiknya sama sekali sih. Enggak ada kampanya, enggak ada debat. Event ini lebih kepada pengenalan lebih kepada calon pemimpin DKI Jakarta 2017 nanti dan peresmian stasiun tv kami sebagai stasiun resmi pilkada DKI dari KPU. Dan saya bekerja di dalamnya. Sedikit bangga. Event ini dinamakan... JUMPA CALON PEMIMPIN JAKARTA 2017 Bentuk undangan yang kami sebar. Pemilihan panitianya enggak ada sama sekali dilibatkan. Tahu-tahunya nama saya ada di dalam susunan LO atau Liasion Officer bareng Dian, Mas Eko dan Aisyah. Dasar Pak Okie.. Mana saya tahu kan liasion officer itu apaaaaa dan tibatiba dicemplungin gitu aja.Ternyata setelah saya baca baca lagi, LO itu penghubung antara pihak yang diundang dengan penyelenggara acara. Setelah prakteknya

Kisah Sepasang Suami Istri dan Kapal Pesial

Sebuah kapal pesiar mengalami kecelakaan di laut dan akan segera tenggelam. Sepasang suami isti berlari menuju sekoci untuk menyelamatkan diri. Sampai disana, mereka menyadari bahwa hanya ada satu tempat yang tersisa. Segera sang suami melompat mendahului istrinya untuk mendapatkan tempat itu. Sang istri hanya bisa menatap kepadanya sambil meneriakan sebuah kalimat. Sebelum sekoci itu menjauh dan kapal itu benar-benar tenggelam. Guru yang menceritakan kisah ini bertanya pada murid-muridnya, “ Menurut kalian, apa yang diteriakkan sang istri?” Sebagian besar murid-murid itu menjawab, “ Aku benci kamu!”, “Kamu egois!”, atau “Tidak tahu malu!” Tapi kemudian guru tersebut menyadari ada seorang murid yang diam saja. Guru itu meminta murid yang diam itu menjawab. Dan ternyata jawabannya diluar apa yang murid lain pikirkan. Murid tersebut menjawab: “Guru, saya yakin si istri pasti berteriak,’Tolong jaga anak kita baik-baik”. Guru itu terkejut dan bertanya, “Apa kamu pernah mendeng

ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

  Asus. Hem, pertama kali denger di telinga apa sih yang nyantol di kepala kalian? Honestly, kalo gue langsung kepikiran "brand yang tahan banting" sih. Bukan apa apa, sejarah handphone gue dengan merk tersebut bener bener membuktikan hal itu.  Saat itu, hp gue b ener-bener lompat dan terjatuh dari motor pas jalan, dan masih baik baik aja. Akhirnya mati total ya karena kecemplung di air. Sedih gue tuh.. Eh, kita skip deh ya curcolnya. Yang mau gue bahas di sini itu adalah tentang laptopnya . Dari brand yang sama, Asus.   ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400   Well, produk ini adalah produk terbaik asus untuk di kelasnya. Pada sadar kan? Bahwa semenjak pandemi dan semenjak menjamurnya kehidupan WFA ataupun hybrid system di kalangan akademisi ataupun karyawan perkantoran, kebutuhan akan laptop dengan daily driver yang bertenaga itu tumbuh secara significant?   Dan ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400 bisa jadi adalah jawaban untuk kebutuhan itu sendiri.   Hadir